Blog inspirasi buat Anda

Sifat GENGSI ~ Bikin Mati

            Gengsi adalah sebuah sifat atau perasaan yang selalu membandingkan diri sendiri kepada orang lain. Sifat ini tidak hanya di miliki oleh beberapa orang, tetapi sifat ini meyerang siapa saja. Tidak mengenal strata sosial orang, orang miskin maupun orang kaya mesti mempunyai sifat yang berikut ini. Jadi siapapun orang itu pasti mempunyai sifat yang membandingkan diri sendiri yaitu gengsi.

            Jika kita telisik lebih dalam lagi mengenai gengsi ini, gengsi sendiri berasal dari kata prestige, yang dalam bahasa latin praestigae artinya mengusap, menjamah, serta menyilaukan. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), gengsi sendiri adalah kehormatan dan pengaruh harga diri serta martabat.

            Didalam ilmu sosial, prestige adalah sebutan untuk pengaruh yang tidak mudah untuk dijelaskan. Dikatakan demikian karena pengaruh tersebut sulit untuk dijelaskan dari mana dasar asalnya. Pengaruh itu terlontar dari dalam diri seseorang.

            Tetapi sesungguhnya gengsi adalah kehormatan atau pengaruh karena perbuatn besar. Gengsi akan meningkat bila kita telah melakukan suatu perbuatan besaryang bermanfaat lagi buat orang lain. Gengsi juga akan naik dengan seiiring prestasi kita yang trus memuncak yang telah diraihnya.

            Gengsi ini diawali dari kebanggaan yang berlebihan dari suatu ha yang dimiliki. Banyak orang tidak mau melakukan pekerjaan yang sepele karena dianggap bisa menurunkan gengsi. Padahal tinggi rendahnya sebuah harga diri dilihat dari kualitas pribadi, bukan dari tumpukan materi.

            Andrew Oswald, seorang ahli Ekonomi dari Univesity od Warwick, mengatakan bahwa manusia mempunyai nasib untuk selamanya membandingkan diri dengan orang lain. Bila kegiatan membandingkan diri ini dilandasi dengan “kerakusan” dan hal-hal yang ada dipermukaan saja, maka individu bisa melakukan perbuatan yang sangat salah.

            Ada 2 faktor yang bisa menimbulkan sifat gengsi tersebut. Yang pertama, sikap kita yang terlalu memperhatikan perkataan orang lain / bagaimana kata orang. Ketenangan dan tindakan kita disetir oleh perasaan ‘khawatir’ terhadap pendapat orang lain. Padahal, kalau kita renungkan, hal 
tersebut justru membuat kita menderita, sebab pikiran satu orang dengan orang lain iti pasti berbeda.

            Yang kedua adalah lingkungan. Lingkungan juga memberikan pengaruh yang luar biasa besar terhadap kepribadian seserang. Pengaruh lingkungan terhadap seseorang seperti besarnya pengaruh air terhadap binatang yang hidup didalamnya bahkan mungkin lebih besar.

            Untuk menghindari itu semua kita harus memiliki beberapa tips agar kita bisa menghilangkan semua sifat tersebut.

1. Nikmati apa yang kita punya bukan apa yang kita tidak punyai






Seperti yang dikatakan oleh Fathya Fikri yaitu, “menjadi apa adanya dan bangga terhadap diri sendiri”. Jadi kita seharusnya bangga terhadap apa yang kita miliki serta mensyukurinya bukan apa yang dimiliki oleh orang lain.



2  Menjadi pandailah


Berikan kesempatan diri kita dihargai karena hasil pikiran dan perbuatan kita ajha. Bukan malah dihargai disebabkan barang mewah yang kita miliki.


3. Menjadi rendah hati & hidup sederhana ajha


Abdullah Al-Muzani mengatakan,
“Jika iblis memberikan was-was kepadamu bahwa enkau lebih mulia dari Muslim lainnya, maka perhatikanlah. Jika ada orang lain yang lebih tua darimu, maka seharusnya engkau katakan, “Orang tersebut telah lebih dahulu beriman dan beramal shalih dariku, maka ia lebih baik dariku.” Jika ada orang lain lebih muda darimu, maka seharusnya engkau katakan, “Aku telah lebih dahulu bermaksiat dan berlumuran dosa darinya, maka ia sebenarnya lebih baik dariku.” Demikianlah sikap yang seharusnya engkau perhatikan ketika engkau melihat yang lebih tua atau yang lebih muda darimu”

4. Jadilah diri Anda sendiri


Solikhin Abu Izzuddin pernah menulis dalam bukunya yang berjudul ‘HAPPY ENDING full baROkah’ yang betuliskan, “You are what are you think, you are what are yoo belive, and you are what are you do.” Begitulah yang beliau tuliskan dalam bukunya yang best seller tersebut.
Tag : Info, Tips
0 Komentar untuk "Sifat GENGSI ~ Bikin Mati"

Back To Top